Jumat, 10 Oktober 2014

MAKALAH KELAS MAYA LENGKAP :v

SIMULASI DIGITAL
KELAS MAYA

 








OLEH :

1.Achmad Nuur Fadhillah                        (01)
2.Alherani Junivia Nugraha                       (04)
3.Annisa Priski Liana                                (06)
4. Ariffani widyaningrum                         (08)
5.Muchammad Febri Catur Subagyo        (19)


KATA PENGANTAR

Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadirat Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai waktu yang diharapkan. Dalam makalah ini kami membahas “Kelas Maya”, salah satu pelajaran yang kami terima dari guru pembimbing kami.
Makalah ini dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman materi ini  yang sangat diperlukan dalam pembelajaran kami saat ini. Dan juga yang terpenting yaitu untuk memenuhi tugas Simulasi digital.
Tak lupa kami mengucapkan terimakasih kepada guru pembimbing yang telah membinbing kami dalam penyelesaian makalah ini yaitu, Bapak Firman Ayatullah . Kami juga mengucapkan terimakasih kepada teman-teman atas kejasamanya.
Kami menyadari bahwa masih sangat banyak kekurangan pada makalah ini. Oleh karna itu kami mengundang pembaca untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan ilmu pengetahuan ini.
Demikian makalah ini kami buat semoga memberikan manfaat.           
MALANG, 22 September 2014

PENYUSUN
DAFTAR ISI

Cover
Kata Pengantar
Daftar Isi
BAB 1 KELAS MAYA
A. Pengertian
B.  Tujuan
C.Manfaat
D. Kelebihan dan Kekurangan
E. Pemanfaatan
F. Model
G. Fungsi
H. Komponen
I. Jenis – Jenis
BAB II MEMBUAT KELAS MAYA MENGGUNAKAN EDMODO
A. Membuat Akun Gmail
B. Membuat Akun EDMODO
BAB III KESIMPULAN
Daftar Pustaka














BAB I
KELAS MAYA

A.    PENGERTIAN
Kelas Maya adalah kelas yang diadakan tanpa tatap muka secara langsung antara pengajar dan yang menerima bahan ajar. Kelas Maya berhubungan langsung dengan internet. Dimana pengajar menyediakan sebuah forum kepada para penerima bahan ajar dan melakukan diskusi seperti kegiatan belajar mengajar dikelas.                                                                     

             Yang membedakan kelas maya dengan kelas konvensional yaitu adanya pembatasan berkomunikasi, karena jelas beda berdiskusi secara langsung dengan berdiskusi secara tidak langsung.

        Dalam kelas maya dapat diketahui kemajuan proses belajar, yang dapat dipantau baik oleh guru, siswa maupun orang tua. Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh, system tersebut juga dapat digunakan sebagai penunjang kelas tatap muka.



B.     TUJUAN
                        Tujuan dibentuknya kelas maya adalah berupaya untuk menciptakan pembelajaran yang dilaksanakan kapan saja dan dimana saja, serta bertujuan untuk menghemat waktu dan biaya. Dan juga untuk meningkatkan penggunaan teknologi IT  Sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan secara efiaien dan kreatif, sehingga dapat menarik minat siswa dalam belajar.

C.    MANFAAT
            Manfaat kelas maya adalah sebagai berikut :
1)      Mendorong siswa untuk meningkatkan ilmu pengtahuan teknologi.
2)      Dapat melatih siswa untuk berinteraksi dan memberikan pendapatnya.
3)      Mendorong siswa untuk lebih ingin tahu.
4)      Melatih pemikiran kreatif dan inovatif  sehingga lebih menarik dan berkesan daripada kelas yang dilakukan secara konvensional.

D.    KELEBIHAN DAN KEKURANGAN
1)      Kelebihan
·         Menghemat waktu dan biaya
·         Dapat menjadi pengalaman pribadi yang positif
·         Terdapat banyak referensi tambahan
·         Dapat menunjang pembelajaran kelas konveional
·         Jangkauan lebih luas
·         Pembelajaran lebih kreatif dan efisien
·         Menambah pengetahuan tentang IT

2) Kekurangan
·         Koneksi jaringan kecenderungan terhadap media
·         Kurangnya interaksi antara pengajar dan pelajar
·         Siswa yang tidak kreatif akan tertinggal
·         Terlalu banyak sumber
·         Banyak Penyalahgunaan
·         Terlalu banyak virus dari sumber

E.     PEMANFAATAN
1) Konektivitas
Akses terhadap beraneka ragam informasi ‘’tersedia’’ dalam skala global. Selama siswa memanfaatkan koneksi internet siswa akan mendapatkan informasi apapun yang tersedia dalam world wide web (www). Dalam mencari informasi, siswa juga tidak akan merasa kesulitan berkat bantuan search enginee seperti Google atau Bing.

2) Fleksibilitas
Belajar dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja. Dengan cara belajar yang terjadwal dalam kelas yang siswa laksanakan selama ini (kelas konvensional), guru adalah sumber belajar utama bagi siswa. Akan tetapi dengan kelas konvensional yang diperkaya dengan TIK, siswa memiliki kebebasan dalam menentukan waktu yang tepat kapan siswa belajar dan tempat siswa belajar, selama siswa dapat menggunakan komputer dan mengakses internet.

3) Interaksi
Evaluasi belajar dapat dilaksanakan seketika dan mandiri. Dengan memanfaatkan TIK, siswa dapat mengerjakan tugas, menjawab pertanyaan, maupun mengerjakan ujian di manapun dan kapanpun siswa inginkan. Dalam beberapa model ujian, siswa juga dimungkinkan untuk mendapatkan hasil penilaian maupun umpan balik secara otomatis, sehingga siswa tidak perlu menunggu lama untuk mengetahui hasil penilaian ujian Anda.

4) Kolaborasi
Penggunaan perangkat diskusi dapat mendukung pembelajaran kolaborasi di luar ruang kelas. Dengan memanfaatkan internet, siswa telah berada dalam sebuah jaringan yang luas. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan perangkat diskusi melalui internet, siswa dapat berkomunikasi, berdiskusi, bertukar pendapat, baik mengenai sebuah ide, permasalahan, maupun solusi dengan rekan atau guru . Dengan perangkat ini siswa juga dapat membuat kelompok belajar. Dalam kelompok ini siswa akan dapat berbagi ide maupun sumber belajar antar teman.
5) Peluang Pengembangan
Konten digital dapat terus menerus dikembangkan sehingga dapat memperkaya pembelajaran dalam kelas konvensional. Dalam kelas konvensional, siswa dan guru harus berada dalam ruangan yang sama. Akan tetapi dengan memanfaatkan TIK, guru dapat memberikan instruksi dari tempat tertentu dan siswa tetap dapat mengikuti instruksi guru siswa tersebut walaupun siswa berada di tempat yang berbeda.

6) Motivasi
Multimedia dapat membuat pembelajaran lebih menarik. Dengan TIK, siswa akan mendapatkan berbagai sumber belajar. Salah satu sumber belajar tersebut adalah video atau animasi yang menjelaskan konsep atau peristiwa tertentu. Dengan bantuan media ini, siswa akan mendapatkan ilustrasi/gambaran yang lebih nyata dan dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar.

F.     MODEL
1) Model Adjunct
Dalam model ini e-learning digunakan untuk menunjang sistem pembelajaran tatap muka di kelas. Model ini dapat dikatakan sebagai model tradisional plus karena keberadaan e-learning hanya sebagai pengayaan atau tambahan saja.


2) Model Mixed/Blended
Model ini menempatkan e-learning menjadi bagian tidak terpisahkan dari pembelajaran. Misalnya pembelajaran teori dilaksanakan secara daring, sedangkan pembelajaran praktik dilaksanakan secara tatap muka. Akan tetapi, Bersin (2004) berpendapat bahwa model blended learning merupakan gabungan dari model adjunct dan mixed, sehingga sedikit atau banyak porsi dari elearning, dalam pembelajaran tatap muka, seluruh proses tersebut merupakan blended learning.

3) Model Daring Penuh/Fully Online
Dalam model ini e-learning digunakan untuk seluruh proses pembelajaran mulai dari penyampaian bahan belajar, interaksi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran ialah satu contoh model ini adalah open course ware yang dikelola oleh  assachusetts Institut of Technology (MIT).
.
G.    FUNGSI
E-learning dapat berfungsi sebagai :
1) tambahan/pengayaan pembelajaran (supplement)
2)  pengganti sebagian pembelajaran (complement)
3) pengganti seluruh pembelajaran (replacement)

H.    KOMPONEN
   Dalam pembelajaran yang memanfaatkan e-learning dibutuhkan berbagai komponen pendukung yaitu:
a. Perangkat keras (hardware): komputer, laptop, netbook, maupun tablet.
b. Perangkat lunak (software): Learning Management System(LMS), Learning Content Management System (LCMS), Social Learning Network (SLN).
c. Infrastruktur: Jaringan intranet maupun internet.
d. Konten pembelajaran.
e. Strategi interaksi/komunikasi pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran.
                                         
I.       JENIS – JENIS
  Dalam rangka mendukung kelas maya dimanfaatkanlah  berbagai perangkat lunak/aplikasi/sistem yang pada umumnya berbasis web. Secara umum dikenal dua jenis aplikasi yaitu aplikasi Learning Management System (LMS) dan Learning Content Management System  (LCMS). Akan tetapi dalam perkembangan  selanjutnya, seiring meluasnya pemanfaatan  Social Network  (SN) khususnya Facebook, muncullah aplikasi  Social Learning Network (SLN) sebagai salah satu alternatif bentuk kelas maya.
a.  Learning Management System (LMS)
LMS adalah perngkat lunak untuk perencanaan, pengiriman, dan pengolahan kegiatan pembelajaran dalam sebuah organisasi, termasuk online, ruang kelas virtual, dan program instruktur yang terpimpin.

b.  Learning Content Management System (LCMS)
LCMS merupakan pengembangan lebih lanjut dari LMS. LCMS adalah perangkat lunak untuk mengelola konten pembelajaran di berbagai bidang pelatihan pemngembangan.LCMS tidak hanya dapat membuat, mengelola dan memberikan modul-modul pelatihan saja, tetapi juga mengelola dan mengedit semua bagian yang membentuk sebuah katalog.
d.  Social Learning Network/s (SLN/SLNs)
SLM adalah pembelajaran yang terjadi pada skala yang lebih luas daripada individu atau kelompok belajar, hingga skala sosial, melalui interaksi sosial anatara rekan-rekan. Ini mungkin atau mungkin tidak menyebabkan perubahan sikap dan perilaku.









BAB II
MEMBUAT KELAS MAYA MENGGUNKAN EDMODO

A.MEMBUAT AKUN G-MAIL
                                          






Sebelum kita membuat akun edmodo, pertama – tama kita harus membuat Email terlebih dahulu. Cara pertama, kita masuk ke www.Gmail.com. Setelah membuka www.Gmail.com, akan muncul tampilan seperti gambar diatas. Lalu, klik Buat akun untuk membuat akun gmail baru.




 



Kedua, setelah menekan Buat akun akan muncul tampilan seperti gambar diatas. Dan kita tinggal mengisi biodata persyaratan membuat gmail tersebut.
Ketiga, setelah mengisi lengkap biodata tersebut, akan muncul tampilan seperti gambar diatas. Jika muncul tampilan seperti diatas berarti anda berhasil membuat akun gmail. Lalu kita klik Lanjutkan ke Gmail.







Keempat, lalu kita dibawa ke profil kita. Profil akan muncul setelah loading selesai. Tunggu beberapa menit.
Yang terakhir, setelah menunggu loading nya. Muncullah profil kita, dan membuat gmail pun selesai.

 

 

 

 

 

 

 



B. MEMBUAT AKUN EDMODO

 

1.      Membuat Akun Pengajar atau teacher


Langkah 1.
                          Buka di tab baru www.edmodo.com







Langkah 2.
 





1.      Username dan Password, ialah sarana untuk masuk ke dalam akun anda yang telah anda buat.
2.      Teacher, ialah untuk membuat akun bagi pengajar. Dan jika anda akan membuat akun untuk pengajar. Maka klik “teacher”.
3.      Beri data diri anda berupa e-mail yang anda punya dan yang belum pernah terdaftar di edmodo ini.
4.      Klik “sign up for free” untuk masuk ke dalam akun anda.

Langkah 3.
 






1.      Masukkan asal sekolah anda.
2.      Klik “Next Step” untuk melanjutkan ke menu selanjutya.



Langkah 4.
           





1.      Masukkan data diri anda menurut skema yang ada.
2.      Klik “upload a new photo” jika anda akan meambahkan sebuah foto pada akun anda.
3.      Klik “Next Step” jika ingin melanjutkan,
4.      Dan klik “Back To Step 1” untuk kembali ke langkah sebelumnya.

Langkah 5.
 





1.      Klik “Go to My Homepage”, Untuk melanjutkan ke menu selanjutnya
2.      Klik “Back To Step 2”, Untuk kembali ke menu sebelumnya
 
Langkah 6.


 




1.      Untuk membuat sebuah group, klik “Create your small group”

Langkah 7.

 





1.      Isi data group yang akan anda buat
2.      Klik “create” untuk melanjutkan/ membuatnya

Langkah 8.
 






1.      Group sudah terbuat SImdig_XR4, dan anda bisa mulai mengolah grup yang telah anda buat

Langkah 9.






1.      Klik “invite” untuk mengundang akun sebagai murid anda
2.      Kode grup, Semisal “zadpva”.

Langkah 10.
           
 






Ini adalah tampilan group yang telah mempunyai murid



 

 


2. Membuat akun murid (Teacher)

Langkah 1.
 







Buka homepage www.edmodo.com
2.      Klik “Students”
3.      Isi dat diri anda
4.      Untuk melanjutkan klik”Sign Up for Free”
Langkah 2.
Anda akan menjumpai menu seperti ini pada desktop anda,




1.      Untuk masuk ke group anda



3. Membuat Quiz di Akun Pengajar


Langkah 1.
24
 






1.      Buka akun pengajar, dan klik “quiz ” untuk membuat quiz
2.      Dan klik “assignment” untuk memberi tugas kepada pelajar
Langkah 2.
 






1.      Pilih type dari soal yang akan anda buat
2.      “Poin” ialah score dimana jika seorang siswa benar dalam menjawab soal
3.      Set waktu dalam pengerjaan soal
4.      Klik “Remove Question”, untuk menghapus soal
5.      Masukkan soal yang akan anda buat
6.      Masukkan jawaban yang benar dari soal yang telah anda buat
7.      Untuk mengakhiri quiz
8.      Untuk menambah soal klik gambar “+”

4. Cara Menjawab Quis di Edmodo yang Diberikan oleh Guru

 
Langkah 1:





 Masuk akun murid yang telah dibuat, lalu tekan Take Quis. Tunggu loading nya..


Langkah 2 :






Lalu tekan Start Quiz






Langkah 3 :
Lalu pilihlah jawaban yang menurut anda benar. Setelah selesai menjawab, tekan Sumbit Quiz untuk lanjut ke pertanyaan selanjutnya.

Langkah 4 :
Setelah selesai mengerjakan, tekan Sumbit Quiz. Tunggu beberapa menit..
Langkah 5 :
   




Setelah menekan Sumbit Quiz tadi, lalu akan muncul seperti gambar diatas. Lalu, tekan Submit.


Langkah 6 :
   





              Setelah menekan Sumbit, akan muncul seperti gmbar diatas. Maksud dar gmbar di atas adalah kita menilai soal yang telah kita kerjakan. Setelah menilainya tekan View Results untuk melihat jawaban yang salah dan melihat nilai nya.
Langkah 7 :
 






Setelah selesai mengerjakan, kita akan bisa melihat jawaban mana yang salah dan nilai kita. Selesai..





5. Cara Memberi Badge Pelajar


Langkah 1.
 







Buka profil akun pelajar anda (khususnya pelajar pada group anda)
1.      Klik “Award Badge”, untuk memberi penghargaan bagi pelajar tersebut
Langkah 2.
23
 






Merupakan jenis- jenis dari bedge dan pilih dari gambar bedge yang anda akan beri kepada pelajar anda.
1.      Klik, “award bedge” untuk melanjutkan
Selesai.












BAB III
KESIMPULAN

Dengan diadakannya kelas maya, siswa  semakin dimudahkan dalam belajar dan mencari sumber materi. Cara membuat kelas maya pun mudah dilakukan, seperti yang kami contohkan yaitu edmodo. Kelas maya juga bisa dilakukan kapan saja dan dimana saja, jadi cukup efisien pelaksanaannya. Jadi dilihat dari Kelebihan dan Kekurangan dari kelas maya kami dapat menyimpulkan sebagai berikut, yaitu Kelas maya sangat membantu para siswa dalam belajar dan guru dalam mengajar sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara lebih maksimal.








DAFTAR PUSTAKA

Modul Simulasi Digital Kelas Kaya 2014


5 komentar:

  1. kelas maya telah banyak di kembangkan guna mendukung proses belajar yang makin mudah, sekedar info kalo universitas gunadarma juga memiliki proses pembelajaran secara virtual berikut linknya
    http://elearning.gunadarma.ac.id/

    BalasHapus