SIMULASI
DIGITAL
KELAS
MAYA
OLEH :
1.Achmad
Nuur Fadhillah (01)
2.Alherani
Junivia Nugraha (04)
3.Annisa
Priski Liana (06)
4.
Ariffani widyaningrum (08)
5.Muchammad
Febri Catur Subagyo (19)
KATA PENGANTAR
Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke
hadirat Tuhan Yang Maha Pemurah, karena berkat kemurahanNya makalah ini dapat
kami selesaikan sesuai waktu yang diharapkan. Dalam makalah ini kami membahas
“Kelas Maya”, salah satu pelajaran yang kami terima dari guru pembimbing kami.
Makalah ini dibuat dalam rangka
memperdalam pemahaman materi ini yang
sangat diperlukan dalam pembelajaran kami saat ini. Dan juga yang terpenting
yaitu untuk memenuhi tugas Simulasi digital.
Tak lupa kami mengucapkan terimakasih
kepada guru pembimbing yang telah membinbing kami dalam penyelesaian makalah ini
yaitu, Bapak Firman Ayatullah . Kami juga mengucapkan terimakasih kepada
teman-teman atas kejasamanya.
Kami menyadari bahwa masih sangat banyak
kekurangan pada makalah ini. Oleh karna itu kami mengundang pembaca untuk
memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan ilmu
pengetahuan ini.
Demikian makalah ini kami buat semoga
memberikan manfaat.
PENYUSUN
DAFTAR
ISI
Cover
Kata
Pengantar
Daftar
Isi
BAB
1 KELAS MAYA
A.
Pengertian
B. Tujuan
C.Manfaat
D.
Kelebihan dan Kekurangan
E.
Pemanfaatan
F.
Model
G.
Fungsi
H.
Komponen
I.
Jenis – Jenis
BAB
II MEMBUAT KELAS MAYA MENGGUNAKAN EDMODO
A.
Membuat Akun Gmail
B.
Membuat Akun EDMODO
BAB
III KESIMPULAN
Daftar
Pustaka
BAB
I
KELAS
MAYA
A.
PENGERTIAN
Kelas Maya adalah kelas yang diadakan
tanpa tatap muka secara langsung antara pengajar dan yang menerima bahan ajar.
Kelas Maya berhubungan langsung dengan internet. Dimana pengajar menyediakan
sebuah forum kepada para penerima bahan ajar dan melakukan diskusi seperti
kegiatan belajar mengajar dikelas.
Yang membedakan kelas maya dengan kelas konvensional yaitu adanya pembatasan berkomunikasi, karena jelas beda berdiskusi secara langsung dengan berdiskusi secara tidak langsung.
Dalam kelas maya dapat diketahui kemajuan proses belajar, yang dapat dipantau baik oleh guru, siswa maupun orang tua. Selain digunakan untuk proses pendidikan jarak jauh, system tersebut juga dapat digunakan sebagai penunjang kelas tatap muka.
B.
TUJUAN
Tujuan
dibentuknya kelas maya adalah berupaya untuk menciptakan pembelajaran yang
dilaksanakan kapan saja dan dimana saja, serta bertujuan untuk menghemat waktu
dan biaya. Dan juga untuk meningkatkan penggunaan teknologi IT Sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan
secara efiaien dan kreatif, sehingga dapat menarik minat siswa dalam belajar.
C.
MANFAAT
Manfaat kelas maya adalah sebagai
berikut :
1)
Mendorong
siswa untuk meningkatkan ilmu pengtahuan teknologi.
2)
Dapat
melatih siswa untuk berinteraksi dan memberikan pendapatnya.
3)
Mendorong
siswa untuk lebih ingin tahu.
4)
Melatih
pemikiran kreatif dan inovatif sehingga
lebih menarik dan berkesan daripada kelas yang dilakukan secara konvensional.
D.
KELEBIHAN
DAN KEKURANGAN
1) Kelebihan
·
Menghemat
waktu dan biaya
·
Dapat
menjadi pengalaman pribadi yang positif
·
Terdapat
banyak referensi tambahan
·
Dapat
menunjang pembelajaran kelas konveional
·
Jangkauan
lebih luas
·
Pembelajaran
lebih kreatif dan efisien
·
Menambah
pengetahuan tentang IT
2)
Kekurangan
·
Koneksi
jaringan kecenderungan terhadap media
·
Kurangnya
interaksi antara pengajar dan pelajar
·
Siswa
yang tidak kreatif akan tertinggal
·
Terlalu
banyak sumber
·
Banyak
Penyalahgunaan
·
Terlalu
banyak virus dari sumber
E.
PEMANFAATAN
1)
Konektivitas
Akses terhadap beraneka ragam informasi ‘’tersedia’’
dalam skala global. Selama siswa memanfaatkan koneksi internet siswa akan
mendapatkan informasi apapun yang tersedia dalam world wide web (www). Dalam
mencari informasi, siswa juga tidak akan merasa kesulitan berkat bantuan search
enginee seperti Google atau Bing.
2)
Fleksibilitas
Belajar dapat dilaksanakan di mana saja dan kapan saja.
Dengan cara belajar yang terjadwal dalam kelas yang siswa laksanakan selama ini
(kelas konvensional), guru adalah sumber belajar utama bagi siswa. Akan tetapi
dengan kelas konvensional yang diperkaya dengan TIK, siswa memiliki kebebasan
dalam menentukan waktu yang tepat kapan siswa belajar dan tempat siswa belajar,
selama siswa dapat menggunakan komputer dan mengakses internet.
3)
Interaksi
Evaluasi belajar dapat dilaksanakan seketika dan mandiri.
Dengan memanfaatkan TIK, siswa dapat mengerjakan tugas, menjawab pertanyaan,
maupun mengerjakan ujian di manapun dan kapanpun siswa inginkan. Dalam beberapa
model ujian, siswa juga dimungkinkan untuk mendapatkan hasil penilaian maupun
umpan balik secara otomatis, sehingga siswa tidak perlu menunggu lama untuk
mengetahui hasil penilaian ujian Anda.
4) Kolaborasi
Penggunaan perangkat diskusi dapat mendukung pembelajaran
kolaborasi di luar ruang kelas. Dengan memanfaatkan internet, siswa telah
berada dalam sebuah jaringan yang luas. Oleh karena itu, dengan memanfaatkan
perangkat diskusi melalui internet, siswa dapat berkomunikasi, berdiskusi,
bertukar pendapat, baik mengenai sebuah ide, permasalahan, maupun solusi dengan
rekan atau guru . Dengan perangkat ini siswa juga dapat membuat kelompok belajar.
Dalam kelompok ini siswa akan dapat berbagi ide maupun sumber belajar antar teman.
Konten digital dapat terus menerus dikembangkan sehingga
dapat memperkaya pembelajaran dalam kelas konvensional. Dalam kelas
konvensional, siswa dan guru harus berada dalam ruangan yang sama. Akan tetapi
dengan memanfaatkan TIK, guru dapat memberikan instruksi dari tempat tertentu
dan siswa tetap dapat mengikuti instruksi guru siswa tersebut walaupun siswa
berada di tempat yang berbeda.
6)
Motivasi
Multimedia dapat membuat pembelajaran lebih menarik.
Dengan TIK, siswa akan mendapatkan berbagai sumber belajar. Salah satu sumber
belajar tersebut adalah video atau animasi yang menjelaskan konsep atau
peristiwa tertentu. Dengan bantuan media ini, siswa akan mendapatkan
ilustrasi/gambaran yang lebih nyata dan dapat meningkatkan minat siswa dalam
belajar.
F.
MODEL
1)
Model Adjunct
Dalam
model ini e-learning digunakan untuk menunjang sistem pembelajaran tatap muka
di kelas. Model ini dapat dikatakan sebagai model tradisional plus karena
keberadaan e-learning hanya sebagai pengayaan atau tambahan saja.
2) Model Mixed/Blended
Model ini
menempatkan e-learning menjadi bagian tidak terpisahkan dari pembelajaran.
Misalnya pembelajaran teori dilaksanakan secara daring, sedangkan pembelajaran
praktik dilaksanakan secara tatap muka. Akan tetapi, Bersin (2004) berpendapat
bahwa model blended learning merupakan gabungan dari model adjunct dan mixed,
sehingga sedikit atau banyak porsi dari elearning, dalam pembelajaran tatap
muka, seluruh proses tersebut merupakan blended learning.
3) Model Daring Penuh/Fully Online
Dalam
model ini e-learning digunakan untuk seluruh proses pembelajaran mulai dari
penyampaian bahan belajar, interaksi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran
ialah satu contoh model ini adalah open course ware yang dikelola oleh assachusetts Institut of Technology (MIT).
.
G.
FUNGSI
E-learning dapat berfungsi sebagai :
1) tambahan/pengayaan pembelajaran
(supplement)
2)
pengganti sebagian pembelajaran (complement)
3) pengganti seluruh pembelajaran (replacement)
H. KOMPONEN
Dalam pembelajaran yang memanfaatkan
e-learning dibutuhkan berbagai komponen pendukung yaitu:
a. Perangkat keras (hardware):
komputer, laptop, netbook, maupun tablet.
b. Perangkat lunak (software):
Learning Management System(LMS), Learning Content Management System (LCMS),
Social Learning Network (SLN).
c. Infrastruktur: Jaringan intranet
maupun internet.
d. Konten pembelajaran.
e. Strategi interaksi/komunikasi
pemanfaatan e-learning dalam pembelajaran.
I. JENIS – JENIS
Dalam rangka mendukung
kelas maya dimanfaatkanlah berbagai
perangkat lunak/aplikasi/sistem yang pada umumnya berbasis web. Secara umum
dikenal dua jenis aplikasi yaitu aplikasi Learning Management System (LMS) dan
Learning Content Management System
(LCMS). Akan tetapi dalam perkembangan
selanjutnya, seiring meluasnya pemanfaatan Social Network (SN) khususnya Facebook, muncullah
aplikasi Social Learning Network (SLN)
sebagai salah satu alternatif bentuk kelas maya.
a.
Learning Management System (LMS)
LMS adalah perngkat lunak untuk
perencanaan, pengiriman, dan pengolahan kegiatan pembelajaran dalam sebuah
organisasi, termasuk online, ruang kelas virtual, dan program instruktur yang
terpimpin.
b.
Learning Content Management System (LCMS)
LCMS merupakan pengembangan lebih lanjut
dari LMS. LCMS adalah perangkat lunak untuk mengelola konten pembelajaran di
berbagai bidang pelatihan pemngembangan.LCMS tidak hanya dapat membuat,
mengelola dan memberikan modul-modul pelatihan saja, tetapi juga mengelola dan
mengedit semua bagian yang membentuk sebuah katalog.
d.
Social Learning Network/s (SLN/SLNs)
SLM adalah pembelajaran yang terjadi
pada skala yang lebih luas daripada individu atau kelompok belajar, hingga
skala sosial, melalui interaksi sosial anatara rekan-rekan. Ini mungkin atau
mungkin tidak menyebabkan perubahan sikap dan perilaku.
BAB II
MEMBUAT KELAS MAYA MENGGUNKAN EDMODO
A.MEMBUAT AKUN G-MAIL
Sebelum kita membuat akun edmodo, pertama – tama kita harus membuat Email terlebih dahulu. Cara pertama, kita masuk ke www.Gmail.com. Setelah
membuka www.Gmail.com, akan muncul tampilan seperti gambar diatas. Lalu, klik Buat akun untuk membuat akun gmail baru.
Kedua, setelah menekan Buat akun akan muncul
tampilan seperti gambar diatas. Dan kita tinggal mengisi biodata persyaratan
membuat gmail tersebut.
Ketiga, setelah mengisi lengkap biodata tersebut, akan muncul tampilan
seperti gambar diatas. Jika muncul tampilan seperti diatas berarti
anda berhasil membuat akun gmail. Lalu kita klik Lanjutkan ke
Gmail.
Keempat, lalu kita dibawa ke profil kita.
Profil akan muncul setelah loading selesai. Tunggu beberapa menit.
Yang terakhir, setelah menunggu loading nya.
Muncullah profil kita, dan membuat gmail pun selesai.
B. MEMBUAT AKUN EDMODO
1.
Membuat
Akun Pengajar atau teacher
Langkah 1.
Langkah 2.
1.
Username
dan Password, ialah sarana untuk masuk ke dalam akun anda yang telah anda buat.
2.
Teacher,
ialah untuk membuat akun bagi pengajar. Dan jika anda akan membuat akun untuk
pengajar. Maka klik “teacher”.
3.
Beri
data diri anda berupa e-mail yang anda punya dan yang belum pernah terdaftar di
edmodo ini.
4.
Klik
“sign up for free” untuk masuk ke dalam akun anda.
Langkah 3.
1.
Masukkan
asal sekolah anda.
2.
Klik
“Next Step” untuk melanjutkan ke menu selanjutya.
Langkah 4.
1.
Masukkan
data diri anda menurut skema yang ada.
2.
Klik
“upload a new photo” jika anda akan meambahkan sebuah foto pada akun anda.
3.
Klik
“Next Step” jika ingin melanjutkan,
4.
Dan
klik “Back To Step 1” untuk kembali ke langkah sebelumnya.
Langkah 5.
1.
Klik
“Go to My Homepage”, Untuk melanjutkan ke menu selanjutnya
2.
Klik
“Back To Step 2”, Untuk kembali ke menu sebelumnya
Langkah 6.
1.
Untuk
membuat sebuah group, klik “Create your small group”
Langkah 7.
1.
Isi
data group yang akan anda buat
2.
Klik
“create” untuk melanjutkan/ membuatnya
Langkah 8.
1.
Group
sudah terbuat SImdig_XR4, dan anda bisa mulai mengolah grup yang telah anda
buat
Langkah 9.
1.
Klik
“invite” untuk mengundang akun sebagai murid anda
2.
Kode
grup, Semisal “zadpva”.
Langkah 10.
Ini adalah tampilan group yang telah mempunyai murid
2. Membuat akun murid (Teacher)
Langkah 1.
2.
Klik
“Students”
3.
Isi dat
diri anda
4.
Untuk
melanjutkan klik”Sign Up for Free”
Langkah 2.
Anda akan menjumpai menu seperti ini pada desktop anda,
1.
Untuk
masuk ke group anda
3. Membuat
Quiz di Akun Pengajar
Langkah 1.
1.
Buka
akun pengajar, dan klik “quiz ” untuk membuat quiz
2.
Dan
klik “assignment” untuk memberi tugas kepada pelajar
Langkah 2.
1.
Pilih
type dari soal yang akan anda buat
2.
“Poin”
ialah score dimana jika seorang siswa benar dalam menjawab soal
3.
Set
waktu dalam pengerjaan soal
4.
Klik
“Remove Question”, untuk menghapus soal
5.
Masukkan
soal yang akan anda buat
6.
Masukkan
jawaban yang benar dari soal yang telah anda buat
7.
Untuk
mengakhiri quiz
8.
Untuk
menambah soal klik gambar “+”
4. Cara Menjawab Quis di
Edmodo yang Diberikan oleh Guru
Langkah 1:
Masuk akun murid yang telah dibuat, lalu tekan
Take Quis. Tunggu loading nya..
Langkah 2 :
Lalu tekan Start Quiz
Langkah 3 :
Lalu pilihlah jawaban yang menurut
anda benar. Setelah selesai menjawab, tekan Sumbit Quiz untuk lanjut ke
pertanyaan selanjutnya.
Langkah 4 :
Setelah selesai mengerjakan, tekan
Sumbit Quiz. Tunggu beberapa menit..
Langkah 5 :
Setelah menekan Sumbit Quiz tadi,
lalu akan muncul seperti gambar diatas. Lalu, tekan Submit.
Langkah 6 :
Setelah menekan Sumbit,
akan muncul seperti gmbar diatas. Maksud dar gmbar di atas adalah kita menilai
soal yang telah kita kerjakan. Setelah menilainya tekan View Results untuk
melihat jawaban yang salah dan melihat nilai nya.
Langkah 7 :
Setelah selesai
mengerjakan, kita akan bisa melihat jawaban mana yang salah dan nilai kita.
Selesai..
5. Cara
Memberi Badge Pelajar
Langkah 1.
Buka profil akun pelajar anda (khususnya pelajar pada group anda)
1.
Klik
“Award Badge”, untuk memberi penghargaan bagi pelajar tersebut
Langkah
2.
Merupakan jenis- jenis dari bedge dan pilih
dari gambar bedge yang anda akan beri kepada pelajar anda.
1.
Klik,
“award bedge” untuk melanjutkan
Selesai.
BAB III
KESIMPULAN
Dengan
diadakannya kelas maya, siswa semakin
dimudahkan dalam belajar dan mencari sumber materi. Cara membuat kelas maya pun
mudah dilakukan, seperti yang kami contohkan yaitu edmodo. Kelas maya juga bisa
dilakukan kapan saja dan dimana saja, jadi cukup efisien pelaksanaannya. Jadi
dilihat dari Kelebihan dan Kekurangan dari kelas maya kami dapat menyimpulkan
sebagai berikut, yaitu Kelas maya sangat membantu para siswa dalam belajar dan
guru dalam mengajar sehingga pembelajaran dapat dilakukan secara lebih
maksimal.
DAFTAR PUSTAKA
Modul
Simulasi Digital Kelas Kaya 2014
KENAPA GAMBARNYA TIDAK MUNCUL
BalasHapusgambarnya gak timbul :v
BalasHapuskelas maya telah banyak di kembangkan guna mendukung proses belajar yang makin mudah, sekedar info kalo universitas gunadarma juga memiliki proses pembelajaran secara virtual berikut linknya
BalasHapushttp://elearning.gunadarma.ac.id/
teh meuni geulis
Hapusnuhun ahh
BalasHapus